Radish

Rabu, 27 April 2016

Surat Niaga



1. Surat Perkenalan
Surat perkenalan adalah surat yang dikirimkan oleh penjual kepada calon pembeli yang berisi tentang perkenalan perushaan dan produk yang dihasilkannya.

2. Surat Permintaan Penawaran
Surat permintaan adalah surat yang dikirim oleh calon pembeli kepada penjual yang berisi tentang permintaan penawaran produk yang dihasilkan oleh perusahaan penjual tersebut.

3. Surat Penawaran
Surat penawaran adalah surat yang dikirim oleh penjual kepada calon pembeli yang berisi penawaran produk yang ia hasilkan, dengan harapan agar pembeli dapat memesan produk tersebut.

4. Surat Pesanan
Surat pesanan adalah surat yang dikirimkan oleh pembeli kepada penjual yang isinya tentang pemesanan produk/barang.

5. Surat Penolakan pesanan
Surat penolakan pesanan adalah surat yang dikirim oleh penjual kepada pembeli yang isinya tentang penolakan pesanan. Penolakan ini terjadi akibat barang yang dipesan sudah habis atau persediaan barang yang tidak cukup.

6. Surat Konfirmasi pesanan
Surat konfirmasi pesanan adalah suarat yang isinya memberitahukan bahwa surat pesanan telah diterima oleh penjual dan mengkonfirmasikan kembali barang yang dipesan.

7. Surat pengiriman barang
Surat ini berisi pemberitahuan  bahwa barang yang dipesan telah dikirimkan.

8. Surat Pengaduan
Surat pengaduan adalah surat yang berisi tentang keluhan si pembeli tentang barang yang telah dikirimkan, hal ini terjadi karena barangnya rusak atau barangnya tidak sesuai dengan barang yang dipesan. biasanya surat ini juga disertai dengan cara penyelesaiannya seperti pemotongan harga, atau mengganti barang yang rusak tersebut.

9. Surat pembayaran
Surat ini berisi tentang pemberitahuan dari pambeli kepada penjual bahwa pembeli telah mengirimkan pembayaran.

10. Surat penagihan
Surat penagihan ini dikirimkan oleh penjual akrena pembeli belum membayar/melunasi kewajibannya. Surat penagihan ini terdiri dari 4 tahap yaitu :
- Surat penagihan pertama
surat ini berisi bahwa penjual hanya mengingatkan karena bisa saja pembeli itu lupa.
- Surat penagihan kedua
surat ini akan dikirimkan penjual apabila surat penagihan pertamanya tidak mendapatkan respon dari penjual dangan melampirkan surat penagihan pertama karena bisa saja surat itu tidak sampai pada pembeli.
- Surat penagihan ketiga
Jika surat sebelumnya tidak mendapat tanggapan juga maka surat ini akan dikirimkan yang isinya penegasan kapan pembeli dapat melunasi hutangnya dengan melampirkan kembali surat penagihan 1,dan 2.
- Surat penagihan keempat
Jika surat ketiga surat penagihan tidak mendapatkan tanggapan maka akan dikirimkan surat penagihan keepat yang isinya menegaskan bahwa permasalahan ini akan diserrahkan pada pengadilan setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar